JANGAN PELIT BERBAGI ILMU



Tahukah kamu, bahwa salah satu amalan yang pahalanya mengalir bahkan ketika kita telah wafat adalah ilmu yang bermanfaat ? Hal ini berdasarkan sebuah hadits yang mengatakan

" Apa bila anak adam (manusia) wafat maka terputus lah semua amal ( pahala ) perbuatan nya, kecuali tiga hal, yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh yang mendo'akan nya " .

Maka dari itu jangan lah pelit dalam berbagi ilmu, bagi lah kepada siapa pun yang membutuhkan, anda pasti senang bukan jika melihat orang yang anda bagi ilmu itu merasa senang ?



Anggap saja anda menabung atau berinvestasi untuk masa depan di akhirat anda, ilmu yang anda bagi hari ini akan mengalirkan pahala untuk anda bahkan ketika anda sudah meninggal. Percaya deh kalau berbagi ilmu itu tidak akan membuat anda merugi !

Karena saya telah membuktikan nya, ketika saya bertanya sesuatu hal kepada teman saya tentang sebuah ilmu, dan saat teman saya menanggapi serta membagi ilmunya dgn senang hati,  ternyata hal itu melahirkan sesuatu yang bermanfaat.

Misal nya saja ketika saya bertanya soal template blogger, saat itu teman saya menanggapi nya dengan senang hati, alhasil ia menemukan insfirasi baru untuk dimuat nya dalam dua artikel terbaru nya.
Jadi, masih mau pelit dengan ilmu?

Jika kita tidak bisa berbagi dengan harta, maka apa salah nya berbagi dengan ilmu yang kita miliki ? Ilmu yang kita miliki ibarat seujung kuku yang dicelupkan di lautan.

Lalu apa yang akan dipertanggung jawabkan ketika tuhan bertanya, digunakan untuk apa ilmu yang kau dapat? Bukan kah semua yang kita miliki akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat kelak?

So, mari berbagi, mari beramal, mari menabung untuk akhirat dengan berbagi ilmu

Comments

Popular Posts