BERKOMUNIKASI SESUAI LAWAN BICARA

Komunikasi adalah hal yang sangat vital dalam membangun sebuah hubungan. Baik itu pertemanan, bisnis, percintaan dan lain sebagainya.

Adapun fungsi dari komunikasi adalah

  1. Mencapai pengertian bersama
  2. Membina kepercayaan
  3. mengkoordinir tindakan
  4. Merencanakan strategi
  5. Melakukan pembagian pekerjaan
  6. Berbagi rasa
Itu adalah beberapa fungsi komunikasi, namun kali ini saya tidak akan membahas fungsi dari komunikasi. Saya akan membahas tentang BERKOMUNIKASI SESUAI LAWAN BICARA.

Ini berdasarkan pengalaman saya ketika saya mendapati beberapa orang terkumpul dalam sebuah obrolan.

Satu sama lain saling mengemukakan pendapat masing masing, saling sahut satu sama lain, tujuan nya adalah untuk mencapai suatu kesepakatan bersama dan mencapai titik terang dari sebuah permasalahan.



Komunikasi menjadi sangat penting karena segala sesuatu hal akan berjalan sesuai harapan dengan adanya komunikasi. Tak jarang hanya dengan komunikasi yang baik seseorang mendapatkan banyak rekan dan relasi. Hal ini bukan lah soal akademik.

Kemampuan seseorang dalam berbicara bisa dibilang sangat mempengaruhi pergaulan, percintaan, karir bahkan usaha nya.

Sering kali kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bisnis seorang pelanggan, pembeli atau klien akan tertarik untuk menggunakan jasa atau membeli kembali produk yg anda jual.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berbicara dengan lawan bicara anda

Fokus pada pembicaraan. ketika anda sedang melakukan percakapan maka fokus lah pada lawan bicara anda, dengar lah dengan seksama apa yang dibicarakannya, tanggapi dengan baik, jangan sampai fokus anda terbagi.

Seperti contoh anda main hand phone ketika sedang bercakap cakap. Hal ini akan membuat lawan bicara anda tidak nyaman dan merasa tidak dihargai cenderung tidak respect.

Gunakan bahasa yang baik dan santun. Tentunya anda akan sangat dihargai ketika bahasa yang anda gunakan adalah bahasa yang baik dan santun.

Dengan begitu lawan bicara anda akan merasa segan dan respect terhadap anda. Menurut pengalaman, seseorang akan memilah dan memilih apa yang akan dikatakan nya ketika bahasa yang kita gunakan baik dan santun

Gunakan kalimat yang sesuai dengan karakter lawan bicara anda. Hal ini sangat penting dalam membangun komunikasi antara anda dan lawan bicara anda.

Karena setiap orang memiliki tingkat pemahaman yang berbeda beda. Setiap orang memiliki daya tangkap yang berbeda.



Ada kalanya anda harus ekstra sabar ketika anda mengahadapi lawan bicara yang daya tangkap nya relatif lama atau dibawah rata rata.

Katakanlah anda seorang guru, anda memiliki banyak murid dengan berbagai karakter dan kemampuan akademik yang beragam.

Tentu akan mudah bagi anda ketika anda menyampaikan materi terhadap murid murid yang dapat dengan cepat menangkap materi yang anda sampaikan

Tapi anda harus ekstra sabar saat menghadapi murid murid yang kemampuan belajar nya sedikit lebih lama.

Di sini lah kesabaran anda diuji, jangan sampai anda emosi, apa lagi mengeluarkan kata kata yang tidak baik karena hal ini akan menentukan kredibilitas anda sebagai seorang guru

Contoh nya seperti ini :

Ketika anda berbicara dengan seorang anak, tentu anda harus masuk ke dalan dunia nya. Gunakan bahasa anak yang mudah dan ringan untuk dimengerti oleh seorang anak.



Lain hal nya ketika anda berbicara dengan orang yang sudah dewasa, anda bisa lebih mengekspresikan apa yang ada dalam fikiran anda untuk diutarakan terhadap lawan bicara anda.

Kemudian jika anda berbicara dengan orang yang gaul, tak ada salah nya jika anda ikut menggunakan bahasa gaul yang biasa digunakan oleh lawan bicara anda. Hal ini dapat menambah keakraban diantara anda dan lawan bicara anda.

Pada kesimpulannya, dari setiap percakapan adalah perhatikan bahasa dan gaya bicara anda, jangan sampai anda salah menempatkan diri, jangan sampai pula anda salah dalam memberi pamahaman terhadap lawan bicara anda.

Perhatikan karakternya, perhatikan kemampuannya dalam.menangkap sebuah pembicaraan dan perhatikan pula latar belakang nya.

Ok semoga artikel ini bermanfaat

Comments

  1. izin nyimak karena tata krama dalam berbicara penting ya gan :)

    ReplyDelete
  2. setuju, sangat tidak nyaman jika dalam ruang publik ada pembicaraan dgn menggunakan kata2 yg tidak pantas, meskipun itu hanya candaan. Sebab tidak semua orang akan nyaman dengan bentuk candaan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups..ada kalanya kita harus menimbang, menakar dan mengukur apa yang akan kita lontarkan terhadap lawan bicara kita.. karena beda orang beda karakter beda tanggapan...

      Delete

Post a Comment

Popular Posts