INI ALASAN KENAPA RAMADHAN SELALU DIRINDUKAN

Assalaamu'alaikum sahabat

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu tunggu oleh setiap orang bahkan non muslim sekalipun. Bagaimana tidak, bulan ini dipenuhi dengan keberkahan dan pahala yang berlipat lipat bagi yang mau mengamalkan amal soleh.


Kenapa bulan ramadhan ini saya bilang ditunggu tunggu bukan hanya oleh muslim saja, mungkin anda juga merasa dan melihat. 

Pada bulan ramadhan rizki melimpah, sehingga masyarakat dapat membeli kebutuhan kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi di bulan bulan selain ramadhan.

Masyarakat membeli perabotan, elektronik, bahkan pakaian lebaran yang sudah menjadi tradisi dan budaya di indonesia. Tentu semua itu menguntungkan para pedagang yang tentu bukan hanya orang muslim.

Beberapa kebiasaan yang selalu dirindukan yang tidak ada di bulan bulan lain adalah: 

  • Makan sahur

kegiatan ini dilakukan setiap hari oleh muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa keesokan harinya. Biasanya makan sahur dilakukan pada tengah malam sebelum waktu imsak.

  • Ngabuburit

ngabuburit adalah aktifitas muslim yang sedang berpuasa di sore hari untuk menunggu datangnya waktu magrib. Kegiatan ini bisa diisi dengan sanlat, pengajian, atau sekedar jalan jalan sore sambil membeli takjil.

  • Buka puasa bersama

Sebelum adzan magrib berkumandang, umat bersiap menyediakan takjil untuk berbuka, semua berbuka dan makan di tempat dan waktu yang sama setiap hari.

Belum tentu hal ini dilakukan setiap hari dalam keluarga. Bahkan acara buka puasa bersama sering kali dilakukan oleh perusahaan tempat bekerja, sekolah, komunitas, dll

Salah satu kebahagiaan yang diperoleh untuk orang yang berpuasa yaitu ketika berbuka.

  • Zakat

zakat adalah salah satu rukun islam yang wajib dilakukan setiap muslim ketika datang bulan ramadhan. Waktunya mulai tanggal satu ramadhan sampai malam takbiran tiba.

Hal ini tentu sangat membantu 8 golongan yang berhak menerima zakat. Rizki melimpah di bulan ini, pahala berlipat dan dosa diampuni. SubhaanAllah


  • Solat tarawih

solat tarawih adalah solat sunnah yang hanya ada pada bulan suci ramadhan, solat ini dilakukan pada malam hari dengan jumlah rakaat yang berbeda beda tergantung pada keyakinan.

  • Tadarrus

selain kegiatan diatas, tadarrus juga menjadi hal yang jarang sekali dilakukan secara berjamaah. Kegiatan membaca kitab suci Al qur'an ini bisa dilakukan secara berkelompok maupun seorang diri.


  • Bulan ampunan

selain yang disebutkan diatas, bulan ramadhan juga bulan dimana Allah membukakan pintu ampunan bagi hambaNya.


  • Ladang pahala

dalam bulan ini segala amal baik kita dilipat gandakan pahalanya. Bahkan tidurpun adalah ibadah. Tapi bukan berarti kita seenaknya tidur seharian.

Tidur akan bernilai ibadah karena tidur akan menghindarkan kita dari perbuatan perbuatan dosa seperti bergunjing dll.

Satu hal lagi yang paling saya suka di bulan ramadhan adalah ketika anak anak muda berkeliling kampung menabuh peralatan musik seadanya sambil bersorak " sahuuuuur sahuuuuuur".

Dan ketika malam datang, setelah berbuka puasa, solat magrib kemudian para pemuda menabuh beduk sampai datangnya waktu solat isya.

Kedua hal ini tidak akan ditemukan di bulan selain ramadhan. Maka pantaslah setiap muslim bergembira atas datangnya bulan penuh keberkahan ini.

Dan setelah sebulan penuh kita melaksanakan puasa tibalah saatnya kita meraih kemenangan, hari raya idul fitri tiba, semua menyambut dengan suka cita dan bahagia.

Semua berkumpul saling bersilaturahmi dan saling maaf memaafkan. Semua kembali fitri insyaAllah

Semoga kita semua bertemu dengan bulan ramadhan tahun ini..aamiin


Comments

Popular Posts